Blogging Pake Blog Desk

BlogDesk merupakan aplikasi blog client yang memungkinkan pengguna blog memposting tulisannya tanpa perlu login terlebih dulu melalui web blog yang mereka miliki. Dengan tampilan yang tidak berbeda jauh dengan blog editor.

Nah buat anda yang koneksi internetnya tidak mendukung atau rada lelet, aplikasi ini perlu anda coba. Sebagai langkah awal, silahkan download terlebih dahulu lalu instal di komputer anda.

Cara menggunakannya:

1.Setelah di instal, klik shortcut BlogDesk

2.Daftarkan account anda dengan mengklik menu File –> Manage Blogs

3.Klik new untuk melanjutkan proses pendaftaran

4.Isi URL blog anda pada kotak yang tersedia, contoh: http://gunegan02.blogspot.com


5.Klik Next

6.Klik provider blog anda, contoh: Blogger atau WordPress

7.Klik Next

8.Abaikan saja, klik next lagi

9.Masukkan nama login blog anda beserta passwordnya

10.Klik Get blog ID

11.Klik tombol Get Categories maka BlogDesk secara otomatis akan menampilkan kategori-kategori yang telah anda buat sebelumnya.

12.Berikutnya anda diminta untuk mencoba untuk melakukan proses upload gambar, klik tombol Test Upload dan tunggu beberapa saat lalu klik Next

13.Proses pendaftaran selesai, klik Finish

Untuk memulai BlogDesk, anda cukup menuliskan isi dari tulisan yang akan anda muat pada blog seperti layaknya anda mengetik pada versi online. Namun ada beberapa kekurangan editor BlogDesk yang tidak sama persis dengan editor blog versi online, hanya saja kita tetap dapat menggunakannya dengan nyaman. Contohnya untuk membuat halaman blog kita menjadi format tampilan setengah dan tampilan penuh. Jika pada blog versi online kita cukup mengklik pada tombol yang sudah tersedia, sedangkan pada editor BlogDesk anda harus memasukkannya secara manual.

Untungnya kode-kode tersebut telah dibuat dalam format tag, sehingga memungkinkan kita untuk mengetiknya secara manual. Pada editor BlogDesk anda hanya perlu menampilkannya dalam mode html editor, kemudian letakkan kode tag editor wordpress dibaris yang anda sukai. Sebagai contoh, letakkan tagpada tulisan yang akan dibuat di editor BlogDesk.

Untuk mengaktifkan mode html editor anda harus mengklik pada menu utama BlogDesk, View –> Source, kemudian pindahkan kode tag editor dibaris yang anda inginkan. Memang agak sedikit repot, tetapi ada kelebihan lain yang dapat anda nikmati.

Jika tulisan anda telah siap dipublikasi anda cukup memilih ingin dipublikasi pada blog yang mana (jika lebih dari satu blog) dan pada kategori apa. Anda dapat memilihnya pada bagian sebelah kanan (Blog and Categories). Berikutnya anda pilih File –> Publish Post atau Ctrl+F9, atau pada toolbar BlogDesk telah ada shortcut dengan lambang , tunggu beberapa saat, maka BlogDesk akan mengirimkan secara langsung tulisan yang anda tulis pada BlogDesk.

2 comments:

Anonymous said...

Though I cannot understand the language, I am sure it was an informative post. Thanks for visiting my site
Ester's Celebrity Blog

Anonymous said...

kalo yg under linux tau ga kang? dah alergi sama windows ne, susah disembuhin :p
btw, good info